Berikut disampaikan Pertanyaan seputar produk Smart Telekom yang dikutip dari website resmi Smart Telekom Indonesia
Tanya Jawab
AKTIVASI
Pertanyaan : Bagaimanakah caranya mengaktifkan kartu Smart saya?
Jawaban : Ikuti langkah berikut.Kartu Smart hanya dapat diaktifkan di ponsel CDMA dual band atau single band 1900 MHz.
Masukkan potongan kartu RUIM (chip) Smart ke dalam ponsel CDMA Anda.
Aktifkan ponsel kemudian tunggu sampai muncul kode jaringan Smart pada layar ponsel.
Untuk menjadi pelanggan prabayar, registrasikan nomor Anda sebelum dapat melakukan panggilan.
Silakan ikuti petunjuk Registrasi Prabayar. Untuk menjadi pelanggan pascabayar, Anda terlebih dahulu harus mengisi aplikasi permohonan pendaftaran yang tersedia di Galeri Smart atau outlet penjualan.
REGISTRASI PRABAYAR
Pertanyaan : Bagaimana cara registrasi prabayar yang mudah dan cepat ?
Jawaban : Ada beberapa cara.
- Melalui menu UTK pada ponsel Anda. Ketik data sesuai panduan.
- Masuk ke Smart Access -> Layanan Pelanggan -> Daftar Prabayar
- Kirim SMS ke 4444, dengan format: Ketik Daftar*tipe dokumen (KTP/SIM/Passport)*nomor dokumen*nama lengkap*jenis kelamin*tempat lahir*tanggal lahir(dd/mm/yyyy)*pekerjaan*alamat lengkap*kota. Contoh:Daftar*KTP*01203214520163*AnitaWulandari*P*Jakarta*22/02/ 1984*Mahasiswa*Jl.Kebon Kacang XII No.45 Tanah Abang*Jakarta
- Hubungi Smart Customer Care Access di 881 atau Kunjungi Galeri Smart
PIN & PUK
Pertanyaan : Saya salah memasukan nomor PIN. Apa yang harus saya lakukan?
Jawaban : Ikuti saja langkah berikut.
Untuk menjaga kerahasiaan, ubah PIN (Personal Identification Number) standar 1234 dengan 4 digit angka lainnya.
Ikuti petunjuk yang ada pada ponsel Anda.
Apabila Anda salah memasukkan PIN 3 kali, maka kartu Anda akan terblokir.
PUK (Personal Unblocking Key) adalah nomor yang terdapat dalam kartu RUIM Anda.
Jika kartu RUIM Anda hilang, hubungi Smart Customer Care (881-11-22-33-44).
Jika Anda salah memasukkan PUK sebanyak 10 kali, maka kartu Smart Anda akan rusak dan tidak dapat dipergunakan lagi.
Silakan hubungi Smart Customer Care untuk mendapatkan penggantian kembali kartu Anda. ISI ULANG
PULSA
Pertanyaan : Bagaimana mengisi ulang pulsa dengan aman dan cepat?
Jawaban : Pengisian pulsa dapat dilakukan dengan beberapa cara :
Voucher FisikTekan *999* diikuti dengan memasukkan <16digit>, lalu tekan OK/Send. Contoh: *999*0260530755227226
Kirim SMS dengan mengetik ISI16 digit kode voucher, lalu kirim ke 999. Contoh: Isi 0260530755227226
Elektronik (e-top up) Selain menggunakan voucher, pengisian pulsa dapat dilakukan secara elektronik(e-top up) melalui Galeri Smart atau outlet penjualan lainnya.
Pengisian ulang dapat dilakukan setiap saat tanpa menunggu pulsa habis, namun harus dilakukan pengisian ulang sebelum lewat masa aktif yang ditentukan.
CEK SALDO PULSA
Pertanyaan : Bisakah mengecek pulsa dilakukan dengan SMS ?
Jawaban : Bisa saja. Untuk lebih jelasnya lihat langkah berikut.
Cek saldo pulsa kartu Anda dapat diketahui melalui :Ketik *999 lalu tekan OK/Send.Informasi saldo Anda akan segera terkirim.
Kirim SMS dengan mengetik CEK atau CHECK lalu kirim ke 999.
CARA MELAKUKAN PANGGILAN
Pertanyaan : Tolong jelaskan cara melakukan panggilan baik local maupun internasional ?
Jawaban : Lihat petunjuk berikut.
Lokal/SLJJTekan (kode area)(nomor telepon) lalu tekan OK/Yes/SendContoh: Tekan 0213998888 lalu tekan OK/Yes.
Telepon seluler Lokal/SLJJTekan (nomor telepon) lalu tekan OK/Yes.Contoh: Tekan 08811234567 lalu tekan OK/Yes.
InternasionalTekan (kode akses internasional)(kode negara)(kode area)(nomor telepon) lalu tekan OK/Yes.
Telepon seluler InternasionalTekan (kode akses internasional)(kode Negara)(nomor telepon seluler) lalu tekan OK/Yes.
Layanan telepon internasional dengan tanda ‘+’ tergantung pada tipe ponsel dan merek yang digunakan. Penggunaan tanda ‘+’ untuk telepon lokal tidak dapat digunakan.
PERPINDAHAN STATUS BERLANGGANAN
Pertanyaan : Saya pengguna prabayar dan ingin pindah menjadi pascabayar dengan nomor yang sama.Bisakah?
Jawaban : Bisa saja. Lihat ketentuannya berikut.
Pelanggan Smart Telecom Prabayar dapat menjadi pelanggan pascabayar dengan nomor yang sama. Caranya cukup mengisi formulir permohonan berlangganan dan memenuhi persyaratan yang berlaku sebagai pelanggan Smart Telecom Pascabayar.
Kunjungi Galeri Smart, untuk mendapatkan dan melakukan pengisian Formulir Pendaftaran Pelanggan Pascabayar dan menyerahkan dokumen persyaratan yang diperlukan seperti:-
- Fotokopi KTP/KITAS/Paspor
- Fotokopi tagihan kartu kredit (3 bulan terakhir)
- Fotokopi Tagihan Telepon/Listrik/Air (3 bulan terakhir dari salah satu tagihan)
Hubungi Smart Customer Care di 881 atau 0881-1223344 untuk keterangan lebih lanjut.
KONDISI MELAKUKAN MIGRASI
Untuk melakukan migrasi ke status langganan Pascabayar, kartu Smart Prabayar Anda harus dalam keadaan aktif.
Pelanggan harus menyerahkan dokumen yang diperlukan dan memenuhi persyaratan proses validasi aplikasi pascabayar.
Sisa pulsa yang tersisa saat melakukan migrasi akan ditransfer ke nomor Pascabayar Anda sebesar maksimum Rp 100.000,- (tidak termasuk bonus promo)
FITUR Smart
Pertanyaan : Tolong jelaskan mengenai fitur-fitur Smart?
Jawaban :
Caller ID/CLIPFitur ini akan memunculkan nomor telepon pemanggil pada layar ponsel penerima.
Calling Number Identification Restriction/CLIRFitur ini akan menyembunyikan nomor ponsel Anda saat melakukan panggilan ke nomor lain. Caranya dengan menekan *23, nomor telepon tujuan, tekan OK/Yes/Send.
Call WaitingFitur ini dapat memberikan nada pemberitahuan jika ada panggilan lain masuk ketika Anda sedang melakukan percakapan. Untuk mengaktifkan tekan *40 kemudian tekan OK/Yes dan untuk me-nonaktifkan fitur ini, tekan *400 kemudian tekan OK/Yes.
Call ForwardingFitur ini untuk mengalihkan panggilan masuk ke nomor lain yang Anda kehendaki atau ke Voice Mail. Untuk mengaktifkan tekan *72 diikuti (nomor yang dikehendaki), untuk me-nonaktifkan tekan *720 kemudian tekan OK/Yes/Send.
Voice Mail ServiceFitur ini berfungsi untuk menyimpan pesan suara Anda. Sebelum Anda dapat menikmati layanan pesan suara, Anda harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini dengan menghubungi Smart Customer Care di 881. Setelah itu Anda dapat mendengarkan pesan suara dengan menekan 388 kemudian tekan OK/Yes/Send, lalu ikuti petunjuk yang diberikan. Untuk menjaga kerahasiaan pesan suara, Anda dapat mengubah PIN standar 1234 ke nomor pilihan lainnya.
KERUSAKAN DAN KEHILANGAN
Pertanyaan : Kartu RUIM saya hilang. Bisakah mendapat penggantian dari Smart?
Jawaban. Baca ketentuan dibawah ini.
KEHILANGAN & KERUSAKANPT Smart Telecom tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan kartu Smart dan kerusakan akibat kesalahan pengoperasian.
Penggantian atas kerusakan kartu Smart dapat diberikan tanpa biaya dengan kondisi :Kartu Smart secara fisik dalam keadaan utuh.
Kartu Smart yang tidak berfungsi diverifikasi oleh dan diserahkan kepada Galeri Smart.
Pelanggan menyebutkan 5 nomor tujuan yang sering dihubungi atau menjawab 3 dari 9 pertanyaan mengenai data registrasi Anda serta menunjukkan kartu identifikasi (KTP/SIM/Passport).
Untuk kehilangan kartu Smart atau kerusakan yang disebabkan oleh pelanggan, penggantian dapat dilakukan dengan biaya Rp 15.000,- dan menyebutkan 5 nomor tujuan yang sering dihubungi serta menunjukkan Kartu Identifikasi (KTP/SIM/Passport).Khusus untuk kasus kehilangan, pelanggan harus menyertakan Surat Keterangan Hilang atau Surat Pernyataan kepada Galeri Smart.
KETENTUAN LAINNYA
Bila ada permintaan resmi dari pihak yang berwenang atau terbukti berdasarkan laporan bahwa nomor Smart tertentu digunakan untuk tindakan melanggar atau melawan hukum, maka pihak PT Smart Telecom berhak secara sepihak melakukan pemblokiran tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada pelanggan.
PT Smart Telecom berusaha untuk memberikan pelayanan dan menyediakan jasa yang terbaik bagi pelanggan. Namun demikian, PT Smart Telecom tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami pelanggan akibat gangguan sementara dan atau tidak berfungsinya jaringan telekomunikasi yang dioperasikan.
CALL CENTER & CUSTOMER CARE
Pertanyaan : Dimana saya bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk Smart?Jawaban : Untuk semua informasi seputar produk Smart Telecom silakan hubungi :
Call Center
Telp : 881, 088-11-22-33-44 (bebas pulsa dari nomor Smart Anda) : 021-319-222-77 (Jakarta)
Email : customercare@smart-telecom.co.id
Fax : 021 319 00303
Website : http://www.smart-telecom.co.id/
Jakarta
Galeri Sabang - Jl. H. Agus Salim No. 45 Menteng
Galeri Mal Ciputra - Gedung Mal Ciputra Lt.4, No. 36 Jl. Arteri S. Parman Grogol
Galeri Blok M Plaza – Gedung Blok M Plaza Lt. 2, Jl. Bulungan No. 76
Galeri ITC Roxi Mas – Gedung ITC Roxi Mas Lt.1, No. 14-15 Jl. K.H. Hasyim Ashari
Galeri Ambassador – Gedung Mal Ambassador Lt.3, No. 35 Jl. Prof Dr. Satrio , No. 14, Kuningan
Surabaya
Galeri ITC Mega Grosir – Gedung Mega Grosir lt. 2 Blok 2 /H 3ยช
Galeri WTC Surabaya – WTC Surabaya, Galeria Lt. 1, Jl. Pemuda 27-31 Malang
Galeri Malang – Malang MSC & Sales Office, Jl Cokelat No. 15
Call Center : 881 (bebas pulsa dari Smart Telecom), 088-11-22-33-44, 021-319-222-77 (Jakarta)
Kita sudah pernah mendengar, membaca ataupun mengetahui istilah dari e-wallet, dompet ponsel, dompet elektronik. Kelak e-wallet/dompet pulsa/dompet elektronik diprediksi bakal menjadi salah satu alat pembayaran yang sah dalam bertransaksi secara offline maupun online.
e-wallet memiliki dua bentuk, pertama adalah kartu khusus dengan chip RFID (Radio Frequency Indentification Device) yang nantinya bisa dipindai/discan di merchant untuk melakukan transaksi secara offline. Sedangkan bentuk keduanya adalah memanfaatkan transaksi online melalui pesan singkat (SMS) dengan dukungan teknologi USSD (Unstructured Suplementary Service Data).
Salah satu operator di Indonesia yaitu Telkomsel telah memperkenalkan layanan e-wallet dengan sebutan Telkomsel Cash (T-Cash). Layanan ini telah dilaunching pada akhir Tahun 2007 dan akan diimplementasikan secara luas pada tahun 2008 sambil menunggu rampungnya kerjasama dengan pihak perbankan selaku lembaga keuangan yang berfungsi menangani keuangannya.
Layanan T-Cash pada dasarnya hanya memberi kemudahan kepada masyarakat untuk bertransaksi dan bisa dipersepsikan T-cash itu sekadar perantara saja antara ATM dengan bank, dengan layanan yang lebih simpel dan praktis. Dana yang ada di mobile wallet T-Cash itu ibarat kupon. Bila kupon menggunakan kertas, kita gunakan layanan seluler. Uang yang ada tetap dikelola oleh bank," jelas Dirut Telkomsel, Kiskenda Suriahardja seperti dilansir oleh detikinet.com.
Fungsi Telkomsel Cash adalah suatu layanan yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan mobile phone-nya (MSISDN) melakukan transaksi seperti pembelian, pembayaran, dan lain sebagainya.
Layanan baru ini dapat dinikmati melalui dua cara, yaitu secara offline atau secara online.
- Secara offline, pelanggan dapat menggunakan kartu yang berisi sejumlah nilai uang, yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.
- Secara online, layanan ini dapat dinikmati melalui USSD, SMS. Salah satu keuntungan praktis lain dari layanan ini adalah, bahwa pelanggan tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan pembelian.
Caranya mudah Pelanggan hanya perlu registrasi via SMS, dengan cara sbb :
Registrasi T-Cash
Ketik SMS : Reg
Contoh : REG TCASH AMIR#29051970
Sistem kemudian akan membuat akun Telkomsel Cash untuk pelanggan, berdasarkan atas data valid pelanggan yang sudah tercatat di Telkomsel.
Apabila data pelanggan telah tercatat sebagai pelanggan Telkomsel, baik di kartuHALO, simPATI (simPATI Zone) dan As (GenASik), maka pelanggan akan memiliki akun FULL SERVICE, dimana pelanggan dapat menikmati seluruh layanan TCash. Namun bagi pelanggan yang datanya tidak sesuai dengan data di Telkomsel, maka pelanggan akan memiliki akun Basic Service.
Layana Basic Service meliputi : Cash In, Check Saldo Terakhir, Purchase (Pembelian), dan Check 5 Transaksi Terakhir.
Layana Full Service meliputi : Cash In, Check Saldo Terakhir, Purchase (Pembelian), dan Check 5 Transaksi Terakhir, Ganti Pin, Reset PIN, Top Up Pulsa dan Unregister.
Fasilitas yang bisa pelanggan nikmati dengan menjadi pengguna Telkomsel Cash antara lain :
- Cash-in (penukaran uang tunai menjadi uang elektronik) Apabila pelanggan ingin memasukkan sejumlah uang ke akun Telkomsel Cash (Cash-In)-nya, pelanggan bisa melakukannya di merchant-merchant yang telah ditunjuk oleh Telkomsel.
- Check Balance (cek status sisa saldo) Pelanggan bisa melihat berapa saldo terakhir yang tersisa dalam akun Telkomsel Cash pelanggan dengan cara sebagai berikut :
Customer Check Balance dengan cara :
Dial : *885*#
contoh : *885*12345#
Ketik SMS : SALlalu kirim ke 2828
contoh : SAL 12345 - Purchasing (pembelian) Pelanggan bisa melakukan pembelian pada merchant-merchant yang telah menjalin kerjasama dengan Telkomsel dan cukup memberitahukan MSISDN-nya kepada penjual(kasir) untuk memulai proses pembelian.
- Recharge (isi ulang pulsa kartu prepaid) Pelanggan dapat melakukan isi ulang pulsa kartu prabayar Telkomsel dengan cara sbb:
Airtime Recharge
Ketik SMS :Pulsa lalu kirim ke 2828
contoh : PULSA 6281394531313 20000 12345 - Denominasi untuk isi ulang pulsa simPATI yang tersedia adalah 20.000 dan 50.000 , sedangkan untuk isi ulang pulsa kartuAS, pilihan yang tersedia adalah 25.000 dan 50.000.
- Untuk saat ini layanan T-Cash tersedia di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi)
Untuk layanan yang bersifat online, Telkomsel masih menunggu regulasinya. Untuk pengembangan T-Cash tetap berprinsip azas pada kehati-hatian, antara lain dengan memperhatikan faktor keamanan bertransaksi.
Untuk tahap awal, layanan T-Cash didukung oleh 191 titik point of sales (merchant), yang akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan makin banyaknya institusi yang bergabung dalam layanan ini. Telkomsel sendiri telah menginvestasikan dana sebesar US$ 50 juta untuk menggarap layanan tersebut. Nilai investasi itu diharapkan bisa balik modal (break event poin/BEP) dalam jangka dua tahun jika jumlah pelanggan yang menggunakan T-Cash mencapai 5% dari 47 juta pelanggan seluler Telkomsel saat ini.
Untuk Anda yang mempunyai merchant/outlet yang berminat bisa menghubungi/mendatangi Kantor operator yang bersangkutan untuk menanyakan syarat dan prosedur yang berlaku.
Untuk mengetahui daftar merchant/outlet dikota Anda dan telah bekerjasama dengan Telkomsel silahkan klik di http://www.telkomsel.com/web/daftar_merchant_tcash
Melalu website XL dalam siaran persnya pada tanggal 16 Januari 2008 PT. Excelcomindo Pratama Tbk. (XL) memperkuat posisinya sebagai operator yang fokus dalam menghadirkan layanan yang berkualitas dan tarif terjangkau, dengan mengeluarkan promo sebagai berikut :
- Tarif baru Rp 0,1/detik bagi pengguna XL bebas untuk menelpon ke seluruh operator se-Indonesia, baik ke sesama XL maupun ke operator lain (PSTN dan selular) setelah hitungan 2,5 menit/setelah 150 detik pertama.
- Tarif khusus Rp 35/SMS (ke sesama XL) dihitung setelah pengiriman sms ke 11-25.
- Untuk dapat menikmati tarif baru ini, pengguna XL bebas tidak perlu daftar atau membeli paket perdana khusus, karena secara otomatis seluruh pengguna XL bebas dapat menikmati tarif termurah dari XL ini.
- Tarif baru ini akan berlaku mulai 18 Januari hingga 30 April 2008.
- Selain manfaat tarif telepon murah, pengguna XL bebas juga akan mendapatkan poin reward melalui program loyalitas pelanggan XL Poin Hadiah yang dapat ditukarkan dengan aneka hadiah langsung (gratis telepon, SMS, dan juga dapat berupa voucher belanja) maupun undian berhadiah uang tunai 2,8 milyar rupiah, 1 mobil BMW 320i, 7 mobil Toyota Rush, 50 motor Yamaha Jupiter MX, 100 unit Sony LCD TV & home theater, serta 135 HP Nokia E90, layanan ini dapat diakses dengan fasilitas via *555#.
Menurut Direktur Marketing XL Nicanor V. Santiago, "Tarif baru ini merupakan salah satu wujud komitmen XL untuk menghadirkan layanan yang menyentuh seluruh masyarakat Indonesia, selain tentunya sebagai respon atas tingginya animo pelanggan terhadap tarif promo XL sebelumnya."Nicanor menambahkan, tarif promoXL bebas diberlakukan secara nasional dengan mekanisme baru dan berbeda di beberapa area.
- Di area Jabodetabek, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah bagian Selatan (Solo, Klaten, Kebumen, Purwokerto, Magelang), DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali dan Lombok, dikenakan tarif Rp 10/detik di 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik.
- Untuk area Sumatera dan sekitarnya dikenakan tarif Rp 12,5/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 30. Kemudian di menit berikutnya dikenakan tarif Rp 1/detik.
- Tarif yang berlaku di Sulawesi dan Kalimantan sedikit berbeda dibandingkan dengan area lain karena mengenal jam sibuk dan jam tidak sibuk. Di Kalimantan jam sibuk dimulai pukul 11.00 - 22.59 WITA, sementara di Sulawesi mulai jam 17.00 - 22.59 WITA. Jam tidak sibuk di Kalimantan mulai pukul 23.00 - 10.59 WITA dan di Sulawesi pada pukul 23.00 - 16.59 WITA.
- Tarif yang berlaku di di Sulawesi dan Kalimantan pada jam sibuk adalah Rp 10/detik di 2,5 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya. Sementara pada jam tidak sibuk dikenakan tarif Rp 10/detik di 0,5 menit pertama, dan Rp 0,1/detik pada menit selanjutnya.
- Untuk kota-kota di Jawa Tengah bagian Utara (Semarang, Pekalongan, Tegal, Kudus, Purwodadi) dikenakan mekanisme tarif promo yang sama dengan Kalimantan termasuk masa berlakunya jam sibuk dan tidak sibuk namun mengikuti waktu Indonesia bagian barat (WIB).
- Untuk area baru XL di Nusa Tenggara Timur, Papua dan Ambon dikenakan tarif Rp 10/detik di 1/2 menit pertama dan Rp 0,1/detik pada menit berikutnya hingga menit ke 30 setelah itu berlaku tarif 1/detik. Sementara telepon ke non XL secara nasional dikenakan tarif baru Rp 25/detik di 2 menit pertama dan Rp 0,1/detik di menit berikutnya hingga menit ke 4, kemudian berlaku kembali tarif Rp 25/detik di menit berikutnya hingga menit ke 6. Setelah menit ke 6 kembali berlaku tarif pertama dan kedua dengan selang waktu 2 menit.
Lebih lanjut Nicanor menambahkan bahwa pelanggan XL hingga akhir tahun 2007 mencapai 15,5 juta, dimana sekitar 65% merupakan pengguna XL bebas. XL juga telah membangun lebih dari 11.000 BTS untuk menghadirkan layanan yang berkualitas demi kenyamanan pelanggan.“Tarif promo ini akan melengkapi berbagai manfaat yang dirasakan oleh pengguna XL bebas berupa manfaat berkomunikasi hemat melalui jaringan berkualitas XL, yang dikenal dengan kejernihan suara dan jangkauan luasnya,” pungkas Nicanor.
Selengkapnya...
Cash Deposit Mesin (CDM) adalah ATM yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa untuk transaksi setoran tunai dengan nominal tertentu.
Di masyarakat yang sudah lama dikenal adalah
ATM BCA Setoran Tunai/Cash Deposit Machine BCA atau biasa disebut CDM BCA yang disediakan khusus untuk transaksi setoran tunai bebas bea baik ke rekening sendiri maupun ke rekening nasabah BCA lain sampai batas limit Rp. 5 juta per hari/kartu ATM BCA.
Kelebihannya
- Transaksi langsung masuk saat itu juga (realtime).
- Setoran tunai dalam pecahan Rp, 20.000, Rp. 50,000 dan Rp. 100.000.
- Transaksi penyetoran bisa dilakukan kapan saja selama 24 jam nonstop .
- Tidak perlu antri di teller/kasir.
- Bisa menggunakan beberapa atm bca jika setoran > dari Rp. 5.000.000,-
- Bisa setor ke rekening sendiri maupun ke rekening nasabah bca lainnya.
- Sangat membantu nasabah baik dari individu/pebisnis kecil-besar.
Kekurangannya
- Limit semua jenis atm bca dibatasi sampai dengan maksimal Rp. 5.000.000
- Jenis uang kertas yang dimasukan ke mesin harus yang mulus bebas dari lubang, bolong, selotip, ecter, lusuh, lembek dan lembab.
- Minimal sekali masuk nominal yang bisa dimasukan adalah 50 lembar.
- Bila hari libur biasanya CDM BCA dipenuhi antrian masyarakat yang hendak menyetor tunai.
- Jumlahnya masih terbatas dikota kota besar selevel propinsi belum semua tersedia diseluruh cabang-cabang BCA.
- CDM sensitif terhadap uang yang tidak mulus,berlubang,berselotif, lusuh, lembek jika dimasukan bisa terjadi sangkut pada mesin sehingga bisa mengganggu kinerja mesin CDM.
Tata cara melakukan setoran tunai di CDM BCA.
- Masukan ATM Anda ke mesin CDM kemudian masukan PIN anda.
- Setelah itu mesin akan membuka secara otomatis lalu masukan uang tunai Anda ditempat yang disediakan (biasanya dibawah layar monitor yang menghadap keatas).
- Susunan uang boleh berbeda-beda nominal sampai maksimun 50 lembar, namun susunan uang dianjurkan berurutan nominalnya semisal mulai dari 20.000/50.000/100.000
- Setelah disortir oleh CDM muncul jumlah uang yang dimasukan, tekan yes/ya lalu muncul tulisan dilayar monitor dengan tujuan setor ke rekening sendiri/ke rekening nasabah lain. silahkan pilih kemudian tekan tombol yes/ya.
- Selesai memasukan ke rekening tujuan akan muncul struk/kertas bukti transfer dari CDM silahkan diambil dan tarik atm Anda kembali.
Kejadian error pada CDM biasanya terjadi karena
- Uang yang berada pada Mesin CDM sudah penuh sehingga muncul pesan error.
- Sedang terjadi gangguan jaringan/interkoneksi
- Mesinnya mengalami gangguan teknis baik ringan/berat.
Untuk mesin CDM pada bank lain pada prinsipnya sistim dan cara kerjanya kurang lebih sama seperti pada CDM BCA.
Untuk mengetahui lokasi-lokasi CDM BCA dikota Anda silahkan klik link berikut ini Jaringan BCA
Selengkapnya...PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (BEJ: TLKM LSE: TKID NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. TELKOM mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 12,4 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 23,5 juta.
TELKOM merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. TELKOM juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)
Presiden direktur PT Telkom saat ini adalah Rinaldi Firmansyah yang menggantikan Arwin Rasyid pada 28 Februari 2007.
TELKOM menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wire line), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya.
Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM:
Telepon
- Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli TELKOM di Indonesia
- Telkom Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA
Data/Internet
- TELKOMNet Instan, layanan akses internet dial up
- TELKOMNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
- Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
- e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
- Solusi Enterprise - INFONET
- TELKOMLink DINAccess
- TELKOMLink VPN IP, layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.
- TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial), Layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
- TELKOM ISDN, jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi.
Satelit
- TELKOMSatelit (Sewa Transponder)
- TELKOMVSAT (VSAT)
Era kolonial
Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).
Perusahaan Negara
Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
Perumtel
Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.
PT Telkom (Persero)
Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.
PT Telkom (Tbk)
Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham TELKOM. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.
Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomukikasi Indonesia.
Tahun 2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT INDOSAT sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dan INDOSAT. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.
Anak perusahaan
- Telkomsel
- Telkomvision / Indonusa
- Infomedia
- Graha Sarana Duta / GSD
- Patrakom
- Bangtelindo
- PT FINNET Indonesia
Selengkapnya...
PT. Bakrie Telecom,tbk (BEJ: BTEL) adalah perusahaan operator telekomunikasi berbasis CDMA di Indonesia. Bakrie Telecom memiliki produk layanan dengan nama produk Esia serta Wifone.
Perusahaan ini sebelumnya dikenal dengan nama PT Ratelindo, yang didirikan pada bulan Agustus 1993, sebagai anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk yang bergerak dalam bidang telekomunikasi di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat berbasis Extended Time Division Multiple Access (ETDMA). Pada bulan September 2003, PT Ratelindo berubah nama menjadi PT Bakrie Telecom, yang kemudian bermigrasi ke CDMA2000 1x, dan memulai meluncurkan produk Esia. Saat ini produk Esia hanya dapat dinikmati di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
Pada tahun 2006, Bakrie Telecom telah go-public dengan mendaftarkan sahamnya dalam Bursa Efek Jakarta.
Pada 17 September 2007, pemerintah Indonesia memberikan lisensi atas jaringan tetapsambungan langsung internasional Indonesia kepada Bakrie Telecom. Sebagai bagian dari lisensi ini, Bakrie Telecom diharuskan membangun jaringan tetap untuk sambungan langsung internasional. Pada 5-tahun pertama, Bakrie Telecom diharuskan membangun jaringan yang menghubungkan Batam, Singapura, dan Amerika Serikat. Jika target ini tidak terpenuhi, pemerintah akan mendenda Bakrie Telecom. Dirjen Pos dan Telekomunikasi Basuki Yusuf Iskandar memperkirakan Bakrie akan dapat mengkomersialisasi layanan ini dalam tiga tahun ke depan.[1]
Selengkapnya...PT Mobile-8 Telecom, atau disingkat Mobile-8 adalah perusahaan operator seluler berbasis CDMA di Indonesia yang didirikan pada bulan Desember 2002. Mobile-8 memiliki produk layanan dengan nama pasar Fren, yang diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2003. Saat ini layanan Fren hanya terdapat di Pulau Jawa.
Presiden Direktur PT Mobile-8 Telecom saat ini adalah Hidajat Tjandradjaja.
Selengkapnya...3 (baca: tri; dari bahasa Inggris untuk angka tiga: "Three") adalah nama merek yang digunakan untuk sembilan jaringan telekomunikasi seluler di Eropa, Asia, dan Australia. Hutchison Whampoa3G dan mementingkan layanan "multimedia bergerak" mereka. Jaringan ini hadir di Australia, Austria, Britania Raya, Denmark, Hong Kong, Indonesia, Irlandia, Italia, dan Swedia.
Jaringan 3 dioperasikan PT. Hutchison Charoen Pokphand Telecom (HCPT),[1] yang 60% sahamnya dimiliki Hutchison Whampoa dan sisanya oleh Charoen Pokphand. Meskipun lisensi 3G telah diperolehi pada tahun 2004 saat perusahaan tersebut masih bernama Cyber Access Communication, layanan 3G baru mulai diluncurkan pada 29 Maret 2007 dengan wilayah jangkauan Jakarta pada awalnya.
memiliki saham (baik saham mayoritas maupun minoritas) di kesemuanya. Seluruh jaringan bermerek 3 tersebut menyediakan teknologi
Selengkapnya...
PT Excelcomindo Pratama Tbk, atau disingkat XL, adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.
XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon mobile di Indonesia.
XL memiliki empat produk GSM, yaitu Bebas (prabayar), Jempol (prabayar), XplorJimat(dulunya merupakan jenis layanan untuk Jempol, tetapi kemudian dikembangkan menjadi produk sendiri yang lebih dikhususkan untuk komunikasi ke luar negeri). Selain itu XL juga menyediakan layanan korporat yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP. (paskabayar), dan yang paling baru
Pemegang saham XL saat ini adalah:
- Indocel Holding Sdn. Bhd. (59,67%), merupakan perusahaan yang dimiliki 100% oleh TM International (L) Limited (TMIL). TM International (L) Limited merupakan anak perusahaan Telekom Malaysia Berhad (TM) yang khusus menangani investasi international.
- Khazanah Nasional Berhad (16,81%), merupakan organisasi investasi milik Pemerintah Malaysia.
- PT Telekomindo Primabhakti (15,97%), merupakan anak perusahaan Rajawali Corporation, yang memiliki bisnis telekomunikasi, hotel, kebutuhan konsumen, dan ritel.
- AIF (Indonesia) Limited (7,38%), merupakan perusahaan pendanaan swasta yang bermarkas di Hong Kong.