| 1 komentar ]

Kita sudah pernah mendengar, membaca ataupun mengetahui istilah dari e-wallet, dompet ponsel, dompet elektronik. Kelak e-wallet/dompet pulsa/dompet elektronik diprediksi bakal menjadi salah satu alat pembayaran yang sah dalam bertransaksi secara offline maupun online.

e-wallet memiliki dua bentuk, pertama adalah kartu khusus dengan chip RFID (Radio Frequency Indentification Device) yang nantinya bisa dipindai/discan di merchant untuk melakukan transaksi secara offline. Sedangkan bentuk keduanya adalah memanfaatkan transaksi online melalui pesan singkat (SMS) dengan dukungan teknologi USSD (Unstructured Suplementary Service Data).

Salah satu operator di Indonesia yaitu Telkomsel telah memperkenalkan layanan e-wallet dengan sebutan Telkomsel Cash (T-Cash). Layanan ini telah dilaunching pada akhir Tahun 2007 dan akan diimplementasikan secara luas pada tahun 2008 sambil menunggu rampungnya kerjasama dengan pihak perbankan selaku lembaga keuangan yang berfungsi menangani keuangannya.

Layanan T-Cash pada dasarnya hanya memberi kemudahan kepada masyarakat untuk bertransaksi dan bisa dipersepsikan T-cash itu sekadar perantara saja antara ATM dengan bank, dengan layanan yang lebih simpel dan praktis. Dana yang ada di mobile wallet T-Cash itu ibarat kupon. Bila kupon menggunakan kertas, kita gunakan layanan seluler. Uang yang ada tetap dikelola oleh bank," jelas Dirut Telkomsel, Kiskenda Suriahardja seperti dilansir oleh detikinet.com.

Fungsi Telkomsel Cash adalah suatu layanan yang memungkinkan pelanggan untuk menggunakan mobile phone-nya (MSISDN) melakukan transaksi seperti pembelian, pembayaran, dan lain sebagainya.

Layanan baru ini dapat dinikmati melalui dua cara, yaitu secara offline atau secara online.


  • Secara offline, pelanggan dapat menggunakan kartu yang berisi sejumlah nilai uang, yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan Telkomsel.

  • Secara online, layanan ini dapat dinikmati melalui USSD, SMS. Salah satu keuntungan praktis lain dari layanan ini adalah, bahwa pelanggan tidak perlu membawa uang tunai untuk melakukan pembelian.
Cara Penggunaan T-Cash

Caranya mudah Pelanggan hanya perlu registrasi via SMS, dengan cara sbb :
Registrasi T-Cash
Ketik SMS : RegTCash#tanggallahir
lalu kirim ke 2828
Contoh :
REG TCASH AMIR#29051970
Sistem kemudian akan membuat akun Telkomsel Cash untuk pelanggan, berdasarkan atas data valid pelanggan yang sudah tercatat di Telkomsel.
Apabila data pelanggan telah tercatat sebagai pelanggan Telkomsel, baik di kartuHALO, simPATI (simPATI Zone) dan As (GenASik), maka pelanggan akan memiliki akun FULL SERVICE, dimana pelanggan dapat menikmati seluruh layanan TCash. Namun bagi pelanggan yang datanya tidak sesuai dengan data di Telkomsel, maka pelanggan akan memiliki akun Basic Service.

Layana Basic Service meliputi : Cash In, Check Saldo Terakhir, Purchase (Pembelian), dan Check 5 Transaksi Terakhir.

Layana Full Service meliputi : Cash In, Check Saldo Terakhir, Purchase (Pembelian), dan Check 5 Transaksi Terakhir, Ganti Pin, Reset PIN, Top Up Pulsa dan Unregister.

Fasilitas yang bisa pelanggan nikmati dengan menjadi pengguna Telkomsel Cash antara lain :

  • Cash-in (penukaran uang tunai menjadi uang elektronik) Apabila pelanggan ingin memasukkan sejumlah uang ke akun Telkomsel Cash (Cash-In)-nya, pelanggan bisa melakukannya di merchant-merchant yang telah ditunjuk oleh Telkomsel.
  • Check Balance (cek status sisa saldo) Pelanggan bisa melihat berapa saldo terakhir yang tersisa dalam akun Telkomsel Cash pelanggan dengan cara sebagai berikut :
    Customer Check Balance dengan cara :
    Dial :
    *885*#
    contoh :
    *885*12345#
    Ketik SMS : SALlalu kirim ke 2828
    contoh : SAL 12345
  • Purchasing (pembelian) Pelanggan bisa melakukan pembelian pada merchant-merchant yang telah menjalin kerjasama dengan Telkomsel dan cukup memberitahukan MSISDN-nya kepada penjual(kasir) untuk memulai proses pembelian.
  • Recharge (isi ulang pulsa kartu prepaid) Pelanggan dapat melakukan isi ulang pulsa kartu prabayar Telkomsel dengan cara sbb:
    Airtime Recharge
    Ketik SMS :
    Pulsalalu kirim ke
    2828
    contoh : PULSA 6281394531313 20000 12345
  • Denominasi untuk isi ulang pulsa simPATI yang tersedia adalah 20.000 dan 50.000 , sedangkan untuk isi ulang pulsa kartuAS, pilihan yang tersedia adalah 25.000 dan 50.000.
  • Untuk saat ini layanan T-Cash tersedia di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi)

Untuk layanan yang bersifat online, Telkomsel masih menunggu regulasinya. Untuk pengembangan T-Cash tetap berprinsip azas pada kehati-hatian, antara lain dengan memperhatikan faktor keamanan bertransaksi.

Untuk tahap awal, layanan T-Cash didukung oleh 191 titik point of sales (merchant), yang akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan makin banyaknya institusi yang bergabung dalam layanan ini. Telkomsel sendiri telah menginvestasikan dana sebesar US$ 50 juta untuk menggarap layanan tersebut. Nilai investasi itu diharapkan bisa balik modal (break event poin/BEP) dalam jangka dua tahun jika jumlah pelanggan yang menggunakan T-Cash mencapai 5% dari 47 juta pelanggan seluler Telkomsel saat ini.

Untuk Anda yang mempunyai merchant/outlet yang berminat bisa menghubungi/mendatangi Kantor operator yang bersangkutan untuk menanyakan syarat dan prosedur yang berlaku.

Untuk mengetahui daftar merchant/outlet dikota Anda dan telah bekerjasama dengan Telkomsel silahkan klik di http://www.telkomsel.com/web/daftar_merchant_tcash