| 1 komentar ]

PT Excelcomindo Pratama Tbk, atau disingkat XL, adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon mobile di Indonesia.

XL memiliki empat produk GSM, yaitu Bebas (prabayar), Jempol (prabayar), XplorJimat(dulunya merupakan jenis layanan untuk Jempol, tetapi kemudian dikembangkan menjadi produk sendiri yang lebih dikhususkan untuk komunikasi ke luar negeri). Selain itu XL juga menyediakan layanan korporat yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP. (paskabayar), dan yang paling baru

Pemegang saham XL saat ini adalah:

  • Indocel Holding Sdn. Bhd. (59,67%), merupakan perusahaan yang dimiliki 100% oleh TM International (L) Limited (TMIL). TM International (L) Limited merupakan anak perusahaan Telekom Malaysia Berhad (TM) yang khusus menangani investasi international.
  • Khazanah Nasional Berhad (16,81%), merupakan organisasi investasi milik Pemerintah Malaysia.
  • PT Telekomindo Primabhakti (15,97%), merupakan anak perusahaan Rajawali Corporation, yang memiliki bisnis telekomunikasi, hotel, kebutuhan konsumen, dan ritel.
  • AIF (Indonesia) Limited (7,38%), merupakan perusahaan pendanaan swasta yang bermarkas di Hong Kong.

1 komentar

rino herlino said... @ Monday, July 13, 2009 10:39:00 PM

FUCK KAPITALIS XL!!!POKOKNYA NGENTOT UNTUK ORANG2 XL!!!GO TO HELL MALAYSIA!!!!KAMI SIAP PERANG MELAWAN KAPITALIS BANGSAT!!!!!!!

Post a Comment