| 0 komentar ]

PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (BEJ: TLKM LSE: TKID NYSE: TLK) adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. TELKOM mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, dengan jumlah pelanggan telepon tetap sebanyak 12,4 juta dan pelanggan telepon seluler sebanyak 23,5 juta.

TELKOM merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (51,19%) dan oleh publik sebesar 48,81%. Sebagian besar kepemilikan saham publik (45,58%) dimiliki oleh investor asing, dan sisanya (3,23%) oleh investor dalam negeri. TELKOM juga menjadi pemegang saham mayoritas di 9 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

Presiden direktur PT Telkom saat ini adalah Rinaldi Firmansyah yang menggantikan Arwin Rasyid pada 28 Februari 2007.

TELKOM menyediakan jasa telepon tetap kabel (fixed wire line), jasa telepon tetap nirkabel (fixed wireless), jasa telepon bergerak (mobile service), data/internet serta jasa multimedia lainnya.

Berikut adalah beberapa layanan telekomunikasi TELKOM:

Telepon

  • Telepon tetap (PSTN), layanan telepon tetap yang hingga kini masih menjadi monopoli TELKOM di Indonesia
  • Telkom Flexi, layanan telepon fixed wireless CDMA

Data/Internet

  • TELKOMNet Instan, layanan akses internet dial up
  • TELKOMNet Astinet, layanan akses internet berlangganan dengan fokus perusahaan
  • Speedy, layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL
  • e-Business (i-deal, i-manage, i-Settle, i-Xchange, TELKOMWeb Kiostron, TELKOMWeb Plazatron)
  • Solusi Enterprise - INFONET
  • TELKOMLink DINAccess
  • TELKOMLink VPN IP, layanan komunikasi data any to any connection berbasis IP MPLS.
  • TELKOMNet Whole Sale (VPN Dial), Layanan akses dial up ke intranet suatu perusahaan yang dilakukan secara remote dan mobile melalui jaringan data berbasis TCP IP (MPLS/tunneling) pada TELKOMNet.
  • TELKOM ISDN, jaringan digital yang menyediakan layanan telekomunikasi multimedia, merupakan pengembangan dari sistem telepon yang telah terintegrasi.

Satelit


Era kolonial

Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).

Perusahaan Negara

Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).

Perumtel

Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.

PT Telkom (Persero)

Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.

Kantor Pusat Telkom
Kantor Pusat Telkom

PT Telkom (Tbk)

Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham TELKOM. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.

Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomukikasi Indonesia.

Tahun 2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT INDOSAT sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dan INDOSAT. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.

Anak perusahaan


Selengkapnya...

| 0 komentar ]

PT. Bakrie Telecom,tbk (BEJ: BTEL) adalah perusahaan operator telekomunikasi berbasis CDMA di Indonesia. Bakrie Telecom memiliki produk layanan dengan nama produk Esia serta Wifone.

Perusahaan ini sebelumnya dikenal dengan nama PT Ratelindo, yang didirikan pada bulan Agustus 1993, sebagai anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk yang bergerak dalam bidang telekomunikasi di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat berbasis Extended Time Division Multiple Access (ETDMA). Pada bulan September 2003, PT Ratelindo berubah nama menjadi PT Bakrie Telecom, yang kemudian bermigrasi ke CDMA2000 1x, dan memulai meluncurkan produk Esia. Saat ini produk Esia hanya dapat dinikmati di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Pada tahun 2006, Bakrie Telecom telah go-public dengan mendaftarkan sahamnya dalam Bursa Efek Jakarta.

Pada 17 September 2007, pemerintah Indonesia memberikan lisensi atas jaringan tetapsambungan langsung internasional Indonesia kepada Bakrie Telecom. Sebagai bagian dari lisensi ini, Bakrie Telecom diharuskan membangun jaringan tetap untuk sambungan langsung internasional. Pada 5-tahun pertama, Bakrie Telecom diharuskan membangun jaringan yang menghubungkan Batam, Singapura, dan Amerika Serikat. Jika target ini tidak terpenuhi, pemerintah akan mendenda Bakrie Telecom. Dirjen Pos dan Telekomunikasi Basuki Yusuf Iskandar memperkirakan Bakrie akan dapat mengkomersialisasi layanan ini dalam tiga tahun ke depan.[1]

Selengkapnya...

| 2 komentar ]

PT Mobile-8 Telecom, atau disingkat Mobile-8 adalah perusahaan operator seluler berbasis CDMA di Indonesia yang didirikan pada bulan Desember 2002. Mobile-8 memiliki produk layanan dengan nama pasar Fren, yang diluncurkan pada tanggal 8 Desember 2003. Saat ini layanan Fren hanya terdapat di Pulau Jawa.

Presiden Direktur PT Mobile-8 Telecom saat ini adalah Hidajat Tjandradjaja.

Selengkapnya...

| 0 komentar ]

3 (baca: tri; dari bahasa Inggris untuk angka tiga: "Three") adalah nama merek yang digunakan untuk sembilan jaringan telekomunikasi seluler di Eropa, Asia, dan Australia. Hutchison Whampoa3G dan mementingkan layanan "multimedia bergerak" mereka. Jaringan ini hadir di Australia, Austria, Britania Raya, Denmark, Hong Kong, Indonesia, Irlandia, Italia, dan Swedia.

Jaringan 3 dioperasikan PT. Hutchison Charoen Pokphand Telecom (HCPT),[1] yang 60% sahamnya dimiliki Hutchison Whampoa dan sisanya oleh Charoen Pokphand. Meskipun lisensi 3G telah diperolehi pada tahun 2004 saat perusahaan tersebut masih bernama Cyber Access Communication, layanan 3G baru mulai diluncurkan pada 29 Maret 2007 dengan wilayah jangkauan Jakarta pada awalnya.
memiliki saham (baik saham mayoritas maupun minoritas) di kesemuanya. Seluruh jaringan bermerek 3 tersebut menyediakan teknologi Selengkapnya...

| 1 komentar ]

PT Excelcomindo Pratama Tbk, atau disingkat XL, adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon mobile di Indonesia.

XL memiliki empat produk GSM, yaitu Bebas (prabayar), Jempol (prabayar), XplorJimat(dulunya merupakan jenis layanan untuk Jempol, tetapi kemudian dikembangkan menjadi produk sendiri yang lebih dikhususkan untuk komunikasi ke luar negeri). Selain itu XL juga menyediakan layanan korporat yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP. (paskabayar), dan yang paling baru

Pemegang saham XL saat ini adalah:

  • Indocel Holding Sdn. Bhd. (59,67%), merupakan perusahaan yang dimiliki 100% oleh TM International (L) Limited (TMIL). TM International (L) Limited merupakan anak perusahaan Telekom Malaysia Berhad (TM) yang khusus menangani investasi international.
  • Khazanah Nasional Berhad (16,81%), merupakan organisasi investasi milik Pemerintah Malaysia.
  • PT Telekomindo Primabhakti (15,97%), merupakan anak perusahaan Rajawali Corporation, yang memiliki bisnis telekomunikasi, hotel, kebutuhan konsumen, dan ritel.
  • AIF (Indonesia) Limited (7,38%), merupakan perusahaan pendanaan swasta yang bermarkas di Hong Kong.
Selengkapnya...

| 6 komentar ]

PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. adalah sebuah perusahaan penyelenggara jasa telekomunikasi internasional di Indonesia. Indosat merupakan perusahaan telekomunikasi dan multimedia terbesar kedua di Indonesia untuk jasa seluler (Satelindo, IM3, StarOne). Saat ini, komposisi kepemilikan saham Indosat adalah: Publik (45,19%), ST Telemedia melalui Indonesia Communications Limited (40,37%), serta Pemerintah Republik Indonesia (14,44%), termasuk saham Seri A. Indosat juga mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, Bursa Saham Singapura, serta Bursa Saham New York.

Indosat didirikan pada tahun 1967 sebagai Perusahaan Modal Asing, dan memulakan operasinya pada tahun 1969. Pada tahun 1980 Indosat menjadi Badan Usaha Milik Negara yang seluruh sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Hingga sekarang, Indosat menyediakan layanan telekomunikasi internasional seperti SLI dan layanan transmisi televisi antarbangsa.

PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) didirikan pada tahun 1993 di bawah pengawasan PT Indosat. Ia mula beroperasi pada tahun 1994 sebagai operator GSM. Pendirian Satelindo sebagai anak perusahaan Indosat menjadikan ia sebagai operator GSM pertama di Indonesia yang mengeluarkan kartu prabayar Mentari dan pascabayar Matrix.

Pada tahun 1994 Indosat memperdagangkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta, Bursa Efek Surabaya, dan New York Stock Exchange.

Indosat merupakan perusahaan pertama yang menerapkan obligasi dengan konsep syariah pada tahun 2002. Setelah itu, pengimplementasian obligasi syariah Indosat mendapat peringkat AA+. Nilai emisi pada tahun 2002 sebesar Rp 175.000.000.000,00. dalam tenor lima tahun. Pada tahun 2005 nilai emisi obligasi syariah Indosat IV sebesar Rp 285.000.000.000,00. Setelah tahun 2002 penerapan obligasi syariah tersebut diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan deregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomunikasi Indonesia. Pada tahun 2001 Indosat mendirikan PT Indosat Multi Media Mobile (IM3) dan ia menjadi pelopor GPRS dan multimedia di Indonesia, dan pada tahun yang sama Indosat memegang kendali penuh PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo).

Pada akhir tahun 2002 Pemerintah Indonesia menjual 41,94% saham Indosat ke Singapore Technologies Telemedia Pte. Ltd.. Dengan demikian, Indosat kembali menjadi PMA. Pada bulan November 2003 Indosat mengakuisisi PT Satelindo, PT IM3, dan Bimagraha.

Penjualan 41,94% saham Indosat tersebut menimbulkan banyak kontroversi. Pemerintah RI terus berupaya untuk membeli kembali (buyback) saham Indosat tersebut agar pemerintah menjadi pemegang saham yang mayoritas dan menjadikan kembali Indosat sebagai BUMN, namun hingga kini upaya pemerintah tersebut belum terealisasi akibat banyaknya kendala.

Layanan seluler bagi Indosat merupakan jenis layanan yang memberikan penerimaan paling besar, yakni hingga mencapai 75% dari seluruh penerimaan pada tahun 2006. Berdasarkan data tahun 2006, Indosat menguasai 26,9% pasar operator telepon seluler GSM (yakni melalui Mentari dan IM3) dan 3,7% pasar operator CDMA (melalui StarOne).

GSM Satelindo dan Indosat-M3

  • Matrix, kartu pascabayar GSM untuk pengguna eksekutif dan umum
  • Matrix Auto, kartu prabayar-pascabayar GSM untuk pengguna eksekutif dan umum
  • Mentari, kartu prabayar GSM untuk pengguna umum
  • IM3, kartu prabayar dan pascabayar GSM untuk pengguna muda-mudi dan umum

Anak Perusahaan

Anak Perusahaan yang telah dimerger dengan INDOSAT



Selengkapnya...

| 0 komentar ]

PT Telkomsel adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia.

Telkomsel merupakan operator telekomunikasi seluler GSM kedua di Indonesia, dengan layanan paskabayarnya yang diluncurkan pada tanggal 26 Mei 1995. Waktu itu kepemilikan saham Telkomsel adalah PT Telkom (51%) dan PT Indosat (49%). Kemudian pada November1997 Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan prabayar GSM. Telkomsel ini mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia, dengan 26,9 juta pelanggan dan memiliki market share sebesar 55% (Maret 2006).

Telkomsel memiliki tiga produk GSM, yaitu SimPATI (prabayar), KartuAS (prabayar), serta KartuHALO (paskabayar).

Saat ini saham Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura SingTel (35%). TELKOM merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, sedang SingTel merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Singapura.

Presiden Direkturnya sejak Maret 2005 adalah Kiskenda Suriadihardja.

Selengkapnya...

| 1 komentar ]

BCA mengeluarkan layanan mobile banking bernama m-BCA. Melalui layanan mobile banking m-BCA, Anda dapat menikmati layanan kapan saja dan di mana saja 24 jam sehari 7 hari seminggu. m-BCA merupakan terobosan baru layanan perbankan yang praktis, tanpa banyak buang waktu serta user friendly.

Dengan layanan ini Anda serasa memiliki ATM BCA dalam gengaman tangan Anda. Berbagai transaksi perbankan dapat anda lakukan melalui ponsel anda, semudah anda bertransaksi di ATM BCA.

Operator yang sudah bekerjasama dalam layanan m-BCA ini adalah:

  • PT Excelcomindo Pratama, Tbk untuk pemegang kartu Xplor & bebas
  • PT Indosat, Tbk untuk pemegang Kartu Mentari & Matrix
  • PT Telekomunikasi Selular untuk pemegang kartuHALO & simPATI
Keuntungan & Kenyamanan Bertransaksi melalui m-BCA

m-BCA merupakan layanan perbankan yang mudah, praktis, aman dan user friendly.

Mudah
m-BCA begitu mudah, untuk mendaftarkan nomor ponsel anda hanya perlu datang ke ATM BCA dimana saja, dan tidak perlu memiliki ketrampilan khusus untuk menggunakannya.

Praktis
Anda dapat langsung bertransaksi perbankan melalui ponsel kapan saja dan di mana saja.

Aman
m-BCA dilengkapi dengan sistem proteksi yang maksimal. Selain menggunakan PIN yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan, setiap transaksi yang Anda lakukan juga akan di-encrypt (diacak) untuk menjamin keamanan transaksi Anda.

User Friendly
Menu m-BCA dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.Anda tinggal memilih jenis transaksi dari menu yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu mengingat / menghafal kode transaksi yang ingin dilakukan.

Nyaman
Melalui m-BCA, Anda seperti memiliki ATM BCA pribadi dalam genggaman tangan Anda, karena berbagai transaksi yang dapat dilakukan di ATM BCA dapat dilakukan melalui m-BCA kecuali penarikan tunai.

Cara mendapatkan layanan m-BCA:

Syarat Menggunakan M-BCA

  1. Pemegang kartu Paspor BCA (Kartu ATM BCA)
  2. Pelanggan GSM yang memiliki SIM Card yang sudah mobile banking ready.
Caranya adalah :
  1. Melakukan registrasi/ pendaftaran di ATM/ Kantor Cabang Utama BCA terdekat
  2. Melakukan aktivasi di ponsel (untuk transaksi m-Info, m-Payment & m-Admin)
  3. Melakukan aktivasi fin di cabang BCA terdekat (untuk transaksi m-Transfer & m-Commerce)

Transaksi yang dapat dilakukan melalui M-BCA adalah :

No.

Kategori

Layanan

1.m-Info
  • Informasi Saldo,
  • Mutasi Rekening,
  • Info Kurs,
  • Info suku bunga tabungan / deposito Rp / deposito valas,
  • Info kode bank (untuk transfer antar bank),
  • Info kode perusahaan (yang digunakan pada m-Payment dan m-Commerce),
  • Info nomor kupon undian Gebyar Hadiah Tahapan BCA.
2.m-Transfer

Transfer ke Rekening BCA, Transfer ke Rekening bank lain

3.m-Payment

Pembayaran berbagai macam tagihan kartu kredit, PLN, PAM, handphone, telepon, asuransi, pendidikan,dll

4.m-Commerce

Pembelian pulsa isi ulang, saham,dll

5.m-Admin

Aktivasi, Ganti PIN

Limit transaksi perhari:

Limit Transfer melalui M-BCA

Limit transfer antar rekening BCA yang dapat dilakukan melalui m-BCA merupakan satu kesatuan dengan limit transaksi transfer melalui ATM BCA sebesar maksimum:

  • Rp 15 juta per hari (Kartu ATM Silver)
  • Rp 25 juta per hari (Kartu ATM Gold/ Tapres/ BCA Dollar)
  • Rp 75 juta per hari (Kartu Platinum)
Contoh:
Limit transfer kartu ATM Platinum Anda sebesar Rp 75 juta per hari. Jika Anda telah melakukan transfer di ATM sebesar Rp 15 juta, maka Anda masih dapat melakukan transfer melalui mobile banking pada hari yang sama maksimum sebesar Rp 60 juta.

Limit Transfer ke Rekening Bank Lain

Limit ini merupakan limit gabungan dengan limit transfer antar bank via ATM, yaitu sebesar Rp. 10.000.000 per hari, dan tidak tergantung jenis kartu ATM yang digunakan).

Limit Pembelian Pulsa Isi Ulang

Adalah sebesar Rp. 1.100.000 perhari, merupakan limit gabungan dengan e-channel lain seperti ATM, KlikBCA, SMS Top Up, dan BCA by Phone.

Limit Pembayaran

Sesuai jumlah tagihan

Bukti Transaksi:

Untuk setiap transaksi yang anda lakukan, anda akan menerima bukti transaksi sebagai berikut:

Jenis Transaksi

Bukti Transaksi

Finansial (seperti : transfer, payment, commerce)

SMS yang akan tampil dilayar dan masuk ke inbox ponsel

Non finansial

  • Untuk info saldo, mutasi rekening, info kurs, info suku bunga tabungan / deposito Rupiah / deposito valas, ganti PIN, aktivasi

  • untuk info kode bank (transfer antar bank) dan info kode perusahaan (yang dapat digunakan pada m-Payment dan m-Commerce), info nomor kupon Gebyar Hadiah Tahapan BCA
  • SMS hanya akan tampil dilayar ponsel saja

  • Informasi akan masuk ke Inbox ponsel

Catatan Penting:

  1. Pastikan Anda mengetahui tombol fungsi pada ponsel dengan mengacu pada buku petunjuk ponsel Anda.
  2. Sebelum Anda melakukan transaksi melalui ponsel, pastikan terlebih dahulu inbox message Anda tidak dalam kondisi penuh.
  3. PIN yang digunakan pada saat pertama kali mengakses layanan m-BCA adalah PIN yang Anda tentukan pada saat registrasi melalui ATM BCA. Jika Anda melakukan registrasi m-BCA di counter kantor cabang BCA, maka PIN m-BCA yang digunakan akan sama dengan PIN kartu ATM BCA.
  4. Layanan m-BCA akan terblokir secara otomatis apabila Anda salah memasukkan PIN m-BCA sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Jangan memberitahukan PIN m-BCA kepada pihak lain.
  6. Jangan menyimpan PIN m-BCA dalam ponsel atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui orang lain.
  7. Jika Anda memiliki lebih dari 1 (satu) rekening yang terhubung dengan kartu ATM BCA yang Anda gunakan untuk registrasi layanan m-BCA, maka secara otomatis semua rekening itu akan terhubung dengan layanan m-BCA untuk setiap transaksi finansial yang Anda lakukan di m-BCA, Anda akan diminta untuk memilih nomor rekening yang akan digunakan.
  8. Satu kartu ATM BCA dapat terhubung sampai dengan sepuluh nomor Ponsel baik dari operator yang sama maupun operator yang berbeda.
  9. Aktivasi yang dilakukan diponsel akan mengaktifkan layanan m-Info dan m-Payment serta m-Admin, sedangkan untuk mengaktifkan layanan m-Transfer dan m-Commerce nasabah harus datang ke cabang BCA terdekat untuk melakukan Aktivasi FIN, dengan mengisi formulir permohonan secara benar, jelas dan lengkap serta diserahkan ke CSO BCA. Pastikan nomor ponsel yang Anda daftarkan adalah nomor ponsel milik Anda sendiri.
  10. Untuk transaksi finansial (transfer / payment/ commerce), masukkan nominal transfer / payment / commerce dan nomor rekening / pelanggan / kartu kredit/telepon/ponsel tanpa spasi atau tanda baca lainnya (seperti tanda sambung, titik, dan lain-lain).
  11. Dalam setiap transaksi finansial, Anda akan menerima message konfirmasi yang berisi data-data transaksi. Pastikan kebenaran data-data transaksi tersebut sebelum Anda melanjutkan transaksi.
  12. Setiap kali melakukan transaksi melalui m-BCA, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut. Dalam hal Anda tidak menerima response balik atas transaksi yang dilakukan, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah transaksi tersebut telah terjadi dengan cara memeriksa saldo / mutasi rekening Anda.
  13. Untuk setiap transaksi finansial, Anda akan menerima message transaksi Anda berhasil atau gagal. Khusus transaksi yang berhasil, message yang diterima secara otomatis akan tersimpan di dalam inbox (dengan catatan inbox message tidak penuh).
  14. Segera memberitahukan kepada BCA apabila SIM Card Anda hilang / dicuri / dipindahtangankan kepada pihak lain.

Demo m-BCA
Skema Fitur Layanan
Cara mendapatkan SIM Card mobile banking ready
Cara Melakukan Registrasi di ATM BCA
Cara melakukan Aktivasi di ponsel & di cabang
Petunjuk bertransaksi melalui m-BCA
Tabel Kode Perusahaan untuk m-Transfer, m-Payment
dan m-Commerce

Syarat & Ketentuan m-BCA
Biaya transaksi m-BCA
FAQ

Sumber : (www.klikbca.com)

Selengkapnya...

| 0 komentar ]

Rabu, 26/12/2007 13:49 WIB
Situs Palsu Internet Banking BNI Gentayangan

Jakarta - Aksi penipuan melalui internet kian marak. BNI, salah satu bank besar di Indonesia, diduga menjadi salah satu 'korban' keusilan phisher.

Informasi yang diperoleh detikINET dari salah seorang pembaca setia detikINET, Ivo Setyadi, saat ini beredar e-mail palsu yang mengatasnamakan Administrator i-Bank BNI, dengan subyek 'Konfirmasi Pengguna Layanan BNI Internet Banking'.

E-mail tersebut mengharuskan nasabah pengguna Layanan BNI Internet Banking untuk mengkonfirmasikan identitas guna mencegah adanya praktek money laundry dan pemalsuan identitas.

Melalui e-mailnya kepada detikINET, Rabu (26/12/2007), Ivo menuturkan bahwa temannya mendapatkan e-mail yang mengatasnamakan BNI. Di dalamnya terdapat sebuah link dengan alamat https://ibank.bni.co.id/directRetail/ibank, untuk konfirmasi identitas pelanggan BNI Internet Banking.

Jika di-klik, link tersebut akan membawa pengunjung ke sebuah halaman situs verifikasi login ke BNI Internet Banking yang sama persis dengan halaman login milik BNI. Namun jika diteliti lagi, URL situs tersebut tidak tertulis 'ibank' melainkan 'lbank' http://lbank-bni.com/directRetail/ibank=5527676192639726473248532845734382/

Dengan trik seperti itu, sang penerima e-mail bisa jadi tidak akan curiga dengan halaman autentifikasi yang jelas-jelas mirip dengan halaman login resmi internet banking BNI. Bahkan mungkin ada yang langsung memasukkan informasi username dan password untuk memverifikasi transaksi finansial yang disediakan BNI Internet banking.

Saat diteliti lebih jauh, ketika mengklik alamat http://lbank-bni.com/, ternyata yang tampil adalah sebuah blog milik Rafael Diaz yang beralamat di California.

Trik pencurian informasi pribadi seperti ini sebenarnya kerap dilakukan para phisher. Dengan begitu, tanpa sadar, informasi account pelanggan berhasil disadap pihak lain. Trik pencurian seperti itu dikenal dengan nama phishing, yaitu aksi penipuan melalui internet yang mengandalkan situs yang dibuat persis seperti situs resmi institusi tertentu, biasanya
institusi keuangan seperti perbankan. Pelaku memancing korbannya lewat e-mail yang juga seakan-akan berasal dari institusi tersebut untuk mencuri identitas korban.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, pihak BNI belum bisa dihubungi karena masih libur. Pengguna diimbau untuk selalu waspada terhadap aksi tipu-tipu yang dilancarkan phisher. (sumber : detikinet.com )
Selengkapnya...

| 0 komentar ]

HP Banking STK

Layanan mobile banking dengan menggunakan kartuHALO
naviGator64 dari Telkomsel, yang menjadikan transaksi perbankan begitu aman
dan nyaman.


Aman


  • Perintah transaksi hanya dapat dilaksanakan setelah Anda memasukkan kode akses.

  • Perintah transaksi dikirimkan dari HP Anda dalam bentuk data yang teracak (encrypted).

Nyaman


  • Dengan teknologi Sim Tool Kit (STK), cukup memilih menu yang tersedia pada layar ponsel
    tanpa perlu menulis SMS kata demi kata sehingga terhindar dari kesalahan penulisan.


  • Hanya dalam hitungan detik transaksi perbankan langsung terlaksana.


Cara Memperoleh Layanan

  1. Memiliki Danamon Card atau Kartu Kredit Danamon.

  2. Pelanggan kartuHALO dari Telkomsel

  3. Melakukan pendaftaran di cabang Bank Danamon untuk pemegang Danamon Card
    dan melalui Danamon Access Center untuk pemegang Kartu Kredit Danamon.

Ragam Transaksi yang dapat dilakukan

  1. Balance Inquiry (Informasi saldo Tabungan, Giro, Kartu Kredit).

  2. Fund transfer (Transfer dana antar rekening Bank Danamon yang terdaftar).

  3. Isi Ulang Prepaid Wallet Danamon Card.

  4. PIN Change (Perubahan kode akses)

  5. Info lokasi ATM Danamon


  6. Info lokasi cabang Danamon

Cara Menggunakan Layanan


  1. Melakukan aktivasi layanan (start up setting), setelah mendaftar di Cabang Bank Danamon.

  2. Melakukan aktivasi kode akses (online activation).
    Dalam 5 menit akan menerima 4 digit kode akses melalui pop up menu pada layar HP

  3. Setelah menerima kode akses, harus melakukan penggantian kode akses agar dapat melakukan transaksi selanjutnya.

  4. Account setting, yaitu mendaftarkan nama dan nomor rekening untuk dapat diakses.



Catatan




Cara mengaktifkan layanan dan melakukan transaksi dapat dilihat pada Buku Petunjuk Penggunaan Layanan.
Biaya transaksi dikenakan sesuai biaya SMS yang ditentukan oleh Telkomsel.


Menu HP Banking STK

Aktivasi Layanan (Start Up Setting)


Aktivasi Kode Akses (Online Activation)

Penggantian Kode Akses (PIN Change)

Pendaftaran Nama dan Nomor Rekening (Account Setting)

Informasi Saldo (Balance Inquiry)

Transfer Dana (Fund Transfer)



HP Banking SMS

Layanan mobile banking untuk melakukan transaksi
perbankan non tunai langsung melalui telepon seluler Anda dengan cara mengirimkan
SMS dan akan mendapatkan jawaban/konfirmasi melalui SMS juga dengan menggunakan
semua jenis SIM Card GSM (pasca bayar atau pra bayar) dari operator selular
Telkomsel, Satelindo, dan Excelcomindo.



Ragam transaksi yang dapat dilakukan


  1. Transfer Dana (transfer antar rekening
    Bank Danamon yang terdaftar)


  2. Isi Ulang Prepaid Danamon Card.

  3. Cek Saldo (Tabungan, Giro dan Prepaid Danamon Card)

  4. Informasi Daftar Rekening (daftar rekening sendiri dan tujuan transfer yang terdaftar)

  5. Ubah Kode Akses








SMS Notifikasi


  1. Notifikasi Saldo

  2. Notifikasi Transfer Masuk

  3. Notifikasi Tolakan Auto Debit

  4. Notifikasi Produk/Program Baru

  5. Notifikasi Saldo dibawah Rp 500 juta (khusus
    nasabah PGB)


Contoh Melakukan Transaksi

Transfer Dana (Fund Transfer)





Cara Menggunakan Layanan

  1. Memiliki Danamon Card atau Kartu
    Kredit Danamon.

  2. Melakukan pendaftaran di cabang Bank
    Danamon terdekat.

  3. Langsung menerima kode akses saat
    mendaftar

  4. Melakukan perubahan kode akses sebelum
    melakukan transaksi pertama kali.

Biaya Administrasi dan Transaksi :

  1. Biaya administrasi Rp 2.000,- per
    bulan dibebankan ke rekening nasabah, berlaku mulai Januari 2004.

  2. Biaya transaksi (dibebankan sebagai
    biaya SMS yang besarnya sesuai
    ketentuan operator.

    • Biaya transaksi perbankan sebesar biaya SMS + Rp 500,- (khusus
      Excelcom biaya total transaksi hanya Rp 500,-)

    • Biaya SMS notifikasi sebesar Rp 500,- (Khusus
      Excelcom hanya Rp 350,-)


Format SMS Perintah Transaksi




  1. Transfer Dana


  2. TRANSFER


    Contoh : TRANSFER TAB1 TAB2 100000 1234


    Melakukan transfer dari rekening TAB1 ke rekening TAB2
    sejumlah Rp 100.000,-
    dengan kode akses 1234



  3. Isi Ulang Prepaid Danamon Card


  4. ISI

    Contoh : ISI TAB1 KARTU1 100000 1234

    Melakukan isi ulang prepaid dari rekening TAB1 ke prepaid KARTU1
    sejumlah Rp 100.000,-
    dengan kode akses 1234






  5. Cek Saldo



  6. SALDO



    Contoh : SALDO TAB1 1234


    Melakukan cek saldo rekeningTAB1 dengan kode akses 1234



  7. Informasi Daftar Rekening



  8. DAFTARREKENING



    Contoh : DAFTARREKENING 1234

    Melakukan informasi daftar rekening dengan kode akses 1234



  9. Ubah Kode


  10. UBAHKODE


    Contoh : UBAHKODE 1234 4321


    Melakukan ubah kode akses dari kode akses 1234 menjadi 4321


















Selengkapnya...