| 24 komentar ]

Profile Kampus

Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasional dibawah naungan Yayasan Pendidikan Bakti Pos Indonesia yang merupakan milik PT. Pos Indonesia, didirikan pada tahun 2001 dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga-tenaga profesional yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri.

Kampus Poltekpos berdiri diatas lahan seluas 44.406 M2 dengan luas bangunan 20.930 M2, terletak di daerah Bandung Utara dengan udara yang sejuk serta lingkungan kampus yang bersih.

Dengan fasilitas yang lengkap dan berkualitas serta didukung dengan atmosfir pendidikan yang menyenangkan, Poltekpos bertekad menjadi Perguruan Tinggi terkemuka baik secara nasional maupun internasional.


Profile Kompetensi

Program Studi D3 yang ditawarkan adalah

Logistik Bisnis
(Akreditasi No. 006/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/VI/2005)

Lulusan dari jurusan Logistik Bisnis mempunyai kemampuan menangani pekerjaan dibidang operasional logistik yang mencakup berbagai aspek seperti Ekspor-Impor, Kepabeanan, Distribusi, Transportasi, Warehousing, Cargo & Shipping, Inventory, Purchasing (Procurement), Good Inspections, Logistic Information Service, Perpajakan, Resiko dan Asuransi.

Marketing/Pemasaran
(Akreditasi No. 006/BAN-PT / Ak.V /Dpl-III/2005)

Program studi ini dirancang untuk membekali mahasiswa memasuki dan mengembangkan karier dibidang pemasaran. Sebagai mitra penyedia tenaga profesional trampil bagi industri untuk tenaga marketing, kurikulum dalam program studi ini dirancang dengan melibatkan industri untuk membekali mahasiswa dengan skill dan kompetensi bidang pemasaran yang sesuai untuk kebutuhan industri sebagai pengguna utama lulusan, seperti kemampuan berkomunikasi, lobi dan negosiasi, teknik penyusunan dan presentasi proposal, perancangan iklan, riset pasar, salesmanship, dan aplikasi-aplikasi untuk Customer Relationship Management. Untuk memperkuat kompetensi tersebut mahasiswa juga dibekali dengan skill untuk memanfaatkan teknologi terkini di bidang pemasaran seperti aplikasi database, disain grafis dan multimedia, dan juga aplikasi-aplikasi pemasaran dan bisnis lainnya serta kemampuan berbahasa Inggris dan Mandarin. Pembentukan sikap dan perilaku (soft skill) agar lulusan siap kerja juga dilakukan melalui program-program character building, entrepreneurship, pengembangan diri, dan internship baik di lingkungan kampus maupun bekerja sama dengan industri. Tersedia laboratorium Jurusan yang dilengkapi dengan perangkat-perangkat penunjang praktikum antara lain aplikasiaplikasi untuk periklanan seperti Disain Grafis dan multimedia, TV Tuner, SPSS, simulasi marketing, dan juga simulasi kerja.

Akuntansi
(Akreditasi No. 006/BAN-PT / Ak.V /Dpl-Ill/VI/2005)

Program studi ini dirancang dengan berdasarkan link and match dengan dunia kerja. Dalam rangka membekali lulusan memasuki dunia kerja, mahasiswa diberi kesempatan mengikuti uji kompetensi Brevet Pajak A dan B, Aplikasi Komputer dan Bahasa Inggris serta Work Shop Auditing, dan memperoleh sertifikat dari assosiasi atau lembaga yang berwenang. Kompetensi lulusan, dapat membuat laporan keuangan, menghitung pajak, membuat sistem akuntansi berbasis komputer, dan membantu melakukan audit laporan keuangan sesuai dengan standar pemeriksaan akuntan publik.

Manajemen Informatika
(
Akreditasi No. 007 /BAN-PT /Ak-V/Dpl-III/VI/2005

Program studi ini dirancang untuk menghasilkan ahli madya yang dibekali kemampuan dalam pembangunan, instalasi, pemeliharaan sistem informasi dengan tools terkini berbasis teknologi JAVA dan .NET dan database berbasis ORACLE. Penguasaan infrastruktur teknologi informasi terkini termasuk pengelolaan jaringan komputer dan database, pembangunan web, dan kemampuan interkoneksi beragam sumber informasi melalui jaringan baik fixed line ataupun wireless. Lulusan juga dibekali kemampuan dasar-dasar bisnis dan pengelolaan perusahaanseperti akuntansi, logistik, manajemen, dan juga kewirausahaan. Lulusan juga diharapkan memiliki kemampuan interpersonal dan bekerja sama dalam tim. Kolaborasi antara kompetensi bisnis, teknologi informasi, interpesonal skill ini akan memberikan lulusan Manajemen Informatika kemampuan untuk bersaing dan mengaktualisasikan diri dalam meningkatkan produktivitas dan keunggulan kompetitif perusahaan.

Teknik Informatika
(Akreditasi No. 010/BAN-PT/Ak-V/Dpl-III/VIII/2005)


Program studi Teknik Informatika dirancang untuk memenuhi tuntutan aplikasi Teknologi Informasi di sektor Industri dan Bisnis. Selama Proses belajar mahasiswa dibekali dengan materi-materi yang mendukung penguasaan Teknologi Informasi seperti jaringan komputer wireless, rekayasa perangkat lunak, database, ‘multimedia, sistem keamanan informasi serta teknologi dan aplikasi WAP dan WEB. Seiring dengan perkembangan Teknologi Informasi yang sangat cepat, serta untuk mengantisipasi kebutuhan di masyarakat, lulusan yang dibekali dengan state of the art teknologi informasi, seperti Mobile Content and Apllication serta berbagai aspek hukum dan etika yang berhubungan dengan TI.

Keunggulan yang ditawarkan
  • Kurikulum bersifat implementatif, dirancang sesuai dengan kebutuhan dunia industri
  • Kerjasama industri yang luas untuk internship, recruitment serta kerjasama dengan GTZ Jerman untuk pengembangan pendidikan
  • Kegiatan Mahasiswa untuk menjadi wahana dan sarana pengembangan diri mahasiswa
  • Tenaga Pengajar dari para praktisi dan akademisi yang ahli dibidangnya dengan pendidikan sampai dengan S-3 dari lembaga pendidikan ternama.
  • Uji kompetensi bagi mahasiswa dengan sertifikasi yang diakui dunia industri
  • Program beasiswa dari Poltekpos, Yayasan, Kopertis dan Dikti serta mitra Poltekpos
  • Program internship (magang) untuk menghadapkan mahasiswa langsung pada dunia kerja sehingga lebih siap bekerja.
  • Character building untuk pengembangan soft skill mahasiswa
  • Tenaga ahli dari Jerman untuk membantu mengembangkan pendidikan dn meningkatkan kualitas Politeknik Pos Indonesia.
  • Entrepeneurship (kewirausahaan) agar mahasiswa membuka usaha sendiri atau menjadi wirausahawan profesional

Fasilitas pendidikan :

  • Lab komputer sebagai tempat praktik untuk melengkapi teori-teori yang telah diterima. Lab tersebut terdiri dari Lab. Jaringan, Lab. Sistem Informasi, Lab. Programing, Lab. Aplikasi, Lab. Basis Data, Lab. Multimedia, Lab. Simulasi. dan Lab Dasar.
  • Lab Jurusan untuk kegiatan-kegiatan yang menunjang pembelajaran dalam bidang studi sesuai dengan Jurusan.
  • Lab Bahasa Inggris, yang memungkinkan pengembangan bahasa Inggris mahasiswa untuk berkompetisi dalam lingkungan bisnis global.
  • Ruangan kelas yang cukup representatif, dilengkapi dengan OHP atau LCD. Setiap kelas dibatasi sampai maksimal 45 orang sehingga proses belajar mengajar akan lebih efektif.

Fasilitas penunjang :

Fasilitas penunjang terdiri dari fasilitas untuk olah raga (Gedung Olah Raga = GOR untuk basket, voli, bulu tangkis, dan tenis meja), lapangan olah raga tenis serta panjat dinding, dan masjid kampus. Fasilitas lainnya adalah internet gratis, dan akses perpustakaan yang tidak hanya akses perpustakaan Poltekpos tetapi juga perpustakaan perguruan tinggi lain yang ada kerjasama dengan Poltekpos seperti Unpad atau ITB.

Bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota Bandung, dapat memanfaatkan asrama Poltekpos. Asrama yang berjumlah 3 buah yaitu asrama Melati, Anggrek dan Raflesia dapat menampung kurang lebih 800 orang mahasiswa. Namun untuk sementara ini, penggunaan asrama masih dibatasi untuk dua bulan pertama perkuliahan. Ke depan, seluruh mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan asrama ini paling tidak untuk satu semester sekaligus dalam rangka character building (pembentukan karakter) mahasiswa. Setelah itu mahasiswa diharapkan berbaur dengan masyarakat luar untuk belajar bersosiaisasi dan hidup bermasyarakat.

Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2008/2009

Pendaftaran

Jalur PMDK : 14 Januari s/d 30 April 2008
Gelombang I : 1 April s/d 23 Juni 2008
Gelombang II : 24 Juni s/d 9 Agustus 2008

Ujian Saringan Masuk (USM)

Gelombang I : 24 Juni 2008
Gelombang II : 11 Agustus 2008

Pengumuman

Jalur PMDK : 5 s/d 7 Mei 2008
Gelombang I : 26 Juni 2008
Gelombang II : 13 Agustus 2008

HER/Registrasi

Jalur PMDK : 7 Mei s/d 15 Juli 2008
Gelombang I : 26 Juni s/d 9 Agustus 2008
Gelombang II : 13 s/d 23 Agustus 2008

Biaya Studi

SPP : Rp. 1.500.000
Biaya Variabel : Rp. 40.000/sks (jam mata kuliah) dan Rp. 55.000/sks lab. komputer
Biaya Bangunan : Rp. 3.500.000 (dibayar 1x semasa studi, atau bisa dicicil 3x dalam 3 semester
Pakaian seragam: Rp. 350.000 (dibayar pada waktu pendaftaran ulang)
Character Building: Rp. 350.000 (dibayar pada waktu pendaftaran ulang)
Sukarela : Minimal Rp. 750.000

Pendaftaran

Jalur PMDK

Syarat pendaftaran dan formulir pendaftaran dapat diperoleh disekolah masing-masing

Jalur Reguler

Syarat pendaftaran
Membeli formulir pendaftaran seharga Rp. 125.000
Menyerahkan pas foto ukuran 3x4 cm berwarna (2 lembar)
Formulir diserahkan langsung atau dikirim melalui pos ke Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Pos Indonesia

Materi Ujian

Matematika dan Bahasa Inggris

Pendaftaran Jarak Jauh

Pendaftaran melalui website Politekpos di www.poltekpos.ac.id

Catatan : 25 Lulusan terbaik dijamin diterima bekerja di PT. Pos Indonesia

Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi

Kampus Politeknik Pos Indonesia
Jl. Sari Asih No. 54 Bandung 40151
Telp. 022-2009562, 022-2009570 fax : 022-2009568
email : pmb@poltekpos.ac.id
SMS : 0812-202-8854














24 komentar

Anonymous said... @ Sunday, March 29, 2009 8:02:00 AM

politeknik pos itu bagus tp kurang d kenal, terutama daerah luar kota bd9..jd sosialisasi'y agak kurang,,,
iNsyaAllaH dgn soSialisasi y9 lebih peminat pun tdk akan ragu...
doain aq ya moga keterima di politeknik pos,,,Amien,,,

Oky Harry Nofiansyah said... @ Sunday, March 29, 2009 8:11:00 AM

tolong kirimin informasi yg lebih mendetail soal politeknik pos donk,atau pun peluang kerja di "POS INDONESIA"...ke email aq
[keysdeAcuy@yahoo.co.id]
aq berminat bgt niy msk poltek pos,,,
doain aq yuah sPy keterimA d poltek pos,,,,
AmIen....

Anonymous said... @ Sunday, April 05, 2009 6:09:00 PM

kan aku ikut pendaftrn jalur pmdk, truskatanya waktu itu pengumumannya 5 april..?!
tapi ko gak ada ya?
liatnya dimana sie..?
makasi..

InfoMedia said... @ Monday, April 06, 2009 2:10:00 AM

@anonymous ya memang sekolah kedinasan infonya jarang dipublish ke publik, moga2 diterima ya Amiin,

@ Oky sebaiknya mas Oky hub/telpon langsung aja ke Poltekposnya biar lebih jelas yah...:)

@ Kalo tidak ada mungkin coba cek ke Kantor Pos pengumumannya, klo umpama belum ada bagusnya ditelpon aja ke Poltekposnya..biar dapat info lebih jelas..thanks

fachri said... @ Wednesday, May 06, 2009 9:23:00 PM

slm knal saya fachri..
saya telah diterima di poltekpos jurusan tk informatika..
sy ingin bertanya..
1. bagaimana prospek kerja jurusan tk infomatika di polotekpos?
2. apakah pada th ajar 2009/2010 smua mahasiwa diasramakan?

sblmya sy ucapkan terimakasih..

infomedia said... @ Wednesday, May 13, 2009 3:40:00 PM

Selamat buat fahcri yang sudah diterima di Poltekpos..saya akan coba jawab sebagai berikut :

1. Jurusan teknik informatika sangat prospek dimasa depan yang penting bekali diri dengan ketrampilan dan skill yg memadai plus bahasa Inggris..
2. Klo berprestasi bisa lulusannya ditarik kerja di PT. Pos Indonesia.
3. Klo masalah diasramakan saya kurang tahu persis yah soalnya saya hanya sedikit menyampaikan info saja tetapi seluk beluk selanjutnya Anda yang mencari...

Makasih...

kucrit said... @ Saturday, August 08, 2009 3:25:00 PM

sy mahasiswa br di jur TI, sy sdh her regristasi,
apa seragam bs dkrim ke alamat asal masing2?? saya dr kediri jatim...
biaya her regristasi 5jt perinciannya untuk apa saja? dan jg yg 3jt???
tlg bls scptnya...

mksh....

Anonymous said... @ Sunday, August 09, 2009 2:40:00 PM

Q vita,MaBa poltekpos.
Q bth bgt info tntg kos2an dsna brhbng q dr luar jawa,knp info ttg kos2an tdk d cntim d web poltekpos gt.trz gmn nsib MaBa yg dr luar kota?
Trz apakh dsna wjb dasrmkn?knp g dperjelas smw?

infomedia said... @ Sunday, August 16, 2009 2:06:00 AM

Untuk @Kucrit dan anynomous...sebaiknya telpon langsung aja ke poltekposnya biar lebih jelas, soalnya saya jg kurang tahu pasti, karena disini kita sekedar menyampaikan info saja...:, kost-kost-an sebaiknya coba cari2 diinternet/google atau gabung nanya2 ke forum/komunitasnya orang2 bandung..diinternet banyak ..
Yah dicoba saja...key lam sukses

Yandi said... @ Sunday, September 13, 2009 9:08:00 PM

Bagi maba yang ketrima di Poltekpos tenang aja, masalah kostsan tidak usah kawatir karena di sekitar kampus banyak kostsan, tapi kostsannya bukan per bulan, tapi bayar per tahun rata rata biaya kostsan Rp 3.000.000 satu tahun. Di poltekpos ga ada wajib asrama, tapi boleh kok tinggal di asrama, tapi biasanya paling lama 3 bulan boleh di asrama sampe dapat kostsan. Kalo masalah luar jawa, tenang aja di poltekpos memang banyak mahasiswa yang dari luar aja. Saya juga mahasiswa dari jawa, saya berasal dari Padang mahasiswa tahun 2008 jurusan Teknik Informatika. So SELAMAT DATANG DI POLTEKPOS

InfoMedia said... @ Monday, September 28, 2009 9:59:00 PM

@Makasih banyak Yandi atas informasinya semoga bisa berguna bagi Maba Poltekpos...

Anonymous said... @ Tuesday, January 31, 2012 11:24:00 AM

di tahun ini kan ada program fasttrack kk.. lulusan fasttrack dapat gelar apa kk?

Pengalaman Kuliah Di Politeknik Pos Indonesia Jurusan Teknik Informatika said... @ Thursday, November 14, 2013 7:40:00 PM

Pengalaman Kuliah Di Politeknik Pos Indonesia Jurusan Teknik Informatika

Anonymous said... @ Saturday, May 31, 2014 6:19:00 AM

Poltek pos pake baju seragam atau bebas? :)

Anonymous said... @ Monday, June 16, 2014 2:43:00 PM

nama sy fadhiel...
sy calon mahasiswa poltekpos,kebetulan saya tinggal di sumatra jadi saya kurang tau tentang makanan enak disana,apa ada rumah makan yg lebih enak selain RM.ibu Imas,,?
tolong bantuannya ya kaka'!

Anonymous said... @ Thursday, June 26, 2014 5:59:00 AM

Kalau udah keterima pmdk, daftar ulang harus bayar berapa?
Terus kalau misalnya ga jadi kita ambil nih kira2 uangnya bisa di tarik gak? Kalau iya berapa %?
Makasih

Unknown said... @ Sunday, July 12, 2015 3:07:00 PM

punya soal buat jalur regular ???

Unknown said... @ Thursday, June 16, 2016 10:08:00 AM

Selamat pagi. Saya calon maba stimlog saya mau tanya stimlog itu kedinasan atau tidak? Terimakasih

Unknown said... @ Thursday, June 16, 2016 10:09:00 AM

Selamat pagi. Saya calon maba stimlog saya mau tanya stimlog itu kedinasan atau tidak? Terimakasih

Unknown said... @ Wednesday, July 27, 2016 6:05:00 PM

Assalamualaikum saya maba poltekpos jurusan logistik bisnis
Saat ini berapakah lulusan terbaik yg dijamin kerja di PT. POS Indonesia?

Unknown said... @ Thursday, May 18, 2017 8:55:00 PM

Saya masih kelas 11 dan sedang cari2 perguruan tinggi
Apa di Poltekpos setelah lulus langsung jadi pegawai negeri atau gimana minta penjelasanya
Minta jawabanya langsung kirim aja ke fahmialfasahirul@gmail.com
Terimakasih

Riza Novriza said... @ Monday, September 17, 2018 2:44:00 PM

Jadi poltekpos itu swasta atau negeri ka?

Unknown said... @ Thursday, August 01, 2019 11:02:00 AM

Poltekpos itu swasta apa negeri?

unknow said... @ Thursday, January 09, 2020 1:45:00 PM

Poltekpos itu Negeri

Post a Comment